Friday, June 21, 2013

Semarak Pesta Ulang Tahun, Budaya Hari Jadi ala Bumi Nyiur Melambai

Semarak Pesta Hari Ulang Tahun
Budaya hari jadi ala bumi Nyiur Melambai

Hari ulang tahun selalu datang setiap tahun dan begitu dinantikan khususnya oleh anak-anak karena biasanya pada hari tersebut mereka mendapat hadiah dari orang tua atau teman-teman. Hal yang sama terjadi pula pada para remaja hingga orang tua sendiri.



Kebiasaan yang tumbuh di keluarga saya pada saat ulang tahun adalah, yang berhajat menggelar acara yang dinamakan syukuran dengan mengundang sanak saudara untuk berkumpul dan bercengkerama, saling bercanda dan menikmati makanan bersama. Pokoknya hari bersukacita atas ketambahan umur. Menu yang disediakan juga relatif, tergantung waktu dan situasi. Selain itu, topic yang dibicarakanpun sangat bervariasi.

Kebiasaan yang berlangsung dalam masyarakat kota Manado, tempat saya bermukim, Hari Ulang Tahun (HUT) diperingati dengan cara menggelar kegiatan ibadah di rumah kediaman. Biasanya ibadah dipimpin oleh pendeta jemaat setempat dan audiensnya para jemaat dan tetangga, sahabat maupun keluarga- ada banyak gereja dan denominasi yang ada di ibukota provinsi Sulawesi Utara ini dan kegiatan yang dilakukan relatif sama.

Bagi yang punya banyak relasi, biasanya harus menambahkan tenda di depan atau samping rumah juga kursi tambahan untuk menampung para undangan. Jika memungkinkan, acara dirancang oleh Even Organizer.  

Ada juga yang suka mengisi acara HUT dengan hiburan musik lagu-lagu dengan mendatangkan pemain musik keyboard elektronik dan penyanyi. Biasanya kegiatan nyanyi-nyanyi dilakukan usai ibadah dan berlangsung hingga tengah malam.

Di lokasi-lokasi tertentu, pesta ulang tahun diisi dengan meminum cap tikus –minuan keras khas Manado- atau minuman sejenis yang memabukkan. Seiring dengan perkembangan jaman, untuk kalangan tertentu tak tertutup kemungkinan mengisinya juga dengan pesta kembang api, seperti yang selalu dilakukan di saat pergantian tahun Masehi.

Mereka yang tidak ingin repot-repotan di rumah, restoran menjadi tempat yang paling nyaman untuk menjamu relasi disaat HUT, karena tidak direpotkan dengan persiapan-persiapan makanan sehingga tuan acara dapat bercengkerama dengan leluasa. Selain itu, berbagai menu ala Manado menjadi pilihan yang fleksibel untuk masing-masing lidah. Berbagai restoran yang terbentang di sepanjang pantai Manado dengan menu unggulan ikan laut menggoda banyak lidah untuk mencicipinya. 



No comments:

Post a Comment